Rabu, 22 Februari 2012

EFEK KLASIK LAMBANG KRATON YOGYAKARTA

Yogyakarta menjadi istimewa untuk Indonesia dari jaman dahulu hingga kini. Barangsiapa menolak, menentang dan melawan keistimewaan Yogyakarta, berarti ia telah mengingkari dan menghianati keabsahan NKRI dan layak di katakan sebagai manusia yang tidak mengerti sejarah !... Dan saya sampaikan pula sebuah pesan dari yang mulia bapak Presiden Indonesia ke-I, Soekarno yang berbunyi:

“Abraham Lincoln, berkata: "one cannot escape history, orang tak dapat meninggalkan sejarah", tetapi saya tambah : "Never leave history". inilah sejarah perjuangan, inilah sejarah historymu. Peganglah teguh sejarahmu itu, never leave your own history! Peganglah yang telah kitamiliki sekarang, yang adalah AKUMULASI dari pada hasil semua perjuangan kita di masa lampau. Jikalau engkau meninggalkan sejarah, engkau akan berdiri di atas vacuum, engkau akan berdiri di atas kekosongan dan lantas engkau menjadi bingung, dan akan berupa amuk, amuk belaka. Amuk, seperti kera kejepit di dalam gelap”. [Pidato HUT Proklamasi, 1966_Soekarno].


1. Langsung saja kita mulai.Pertama, buka 2 buah file pada Photoshop, disini saya menggunakan gambar lambang kraton Ngayogyokarto Hadiningrat (Praja Cihna) yang saya dapat dari teman di facebook dan gambar kain mori pembungkus keris tinggalan simbah.

2. Pastikan kedua file-nya dalam ukuran yang sama. Kalo belum sama, silahkan potong dulu dengan Croop Tool. Cara memotongnya bisa dilihat disini.

3. Khusus untuk gambar kain, potong dan simpan (Save As) dahulu dengan menggunakan format PSD dan tutup. 
                    

4. Setelah itu, pada gambar lambang kraton pilih di menu Filter> Distort> Displace, kemudian isikan value pada Horizontal Scale, Vertical Scale, pilih Stretch to Fit, Wrap Around dan tekan Enter (lihat gambar di bawah ini). 



5. Kemudian buka kain yang tadi disimpang dengan format PSD dan drag ke gambar lambang kraton,hingga posisi kain menutupi lambang kraton (Praja Cihna) secara sempurna. Maka akan tampak di palet layer yang tadi hanya berisi 1 layer, kini ada 2 layer. 

6. Lalu pada Layer kain, di- Palet Layer pilih Hard Light.

7. Duplikat layer kain tadi dengan menekan Ctrl+J sehingga kini Layer kain menjadi bertambah 1 lagi. 

8. Setelah itu langkah terahir adalah mempersatukan layer-layer yang terpisah dengan cara menekan Ctrl+E untuk mempersatukannya.Dan akan tampak layer-layer yang tadi terpisah (gambar diatas) menjadi satu (gambar di bawah).


9. Selesai dan simpan dengan menggunakan format JEPEG saja dengan cara, tekan tombol Ctrl+S atau Ctrl+Alt+S, lalu pilih JEPEG.
    Asal kita setia kepada hukum sejarah dan asal kita bersatu dan memiliki tekad baja, kita bisa memindahkan gunung Semeru atau gunung Kinibalu sekalipun.  [Pidato HUT Proklamasi, 1965_Soekarno]

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Back To Top