Senin, 20 Juli 2020

Memperbaiki IC Board Sparking


Saat memanasi oven dan hendak memanggang, saya sangat kaget mengalami sedikit masalah pada oven. Api atas pada oven tidak mau menyala, hanya percikan api dari pemantik dan alarm selalu berbunyi. Saya sudah coba cabut dan pasang kembali regulator gas, namun masalah tetap saja tidak teratasi. Kemudian teringat beberapa waktu yang lalu, ketika kejadian serupa terjadi. Pada kejadian sebelumnya, hal ini sama persis terjadi dengan gejala yang sama pula. Tanpa ragu, kecurigaan saya langsung mengarah pada IC Board Sparking yang menyebabkan oven gagal melakukan pembakaran.


Saya cari obeng dan mulai membongkar oven untuk melepaskan IC Board Sparking yang menjadi target utama saya.

Setelah saya lepas, kemudian saya periksa dengan hati-hati dan ternyata benar saja. Ada 3 komponen yang secara fisik tampak rusak akibat korosi/ berkarat dan putus tidak tersambung. Kedua resistor mengalami putus total,  tesistor yang satu parah dan satunya lagi sangat parah, ditambah kaki-kaki transistor 2N5551 juga mengalami korosi dan putus yang lumayan parah. Komponen ini sebenarnya tidak rusak, tetap kalau kaki-kakinya tidak dapat terhubung, juga tidak akan dapat berfungsi. Oleh sebab itu, komponen-komponen ini harus diganti dengan yang baru.


Untung saja, saya masih memiliki beberapa persediaan komponen yang sangat umum dan sering dipakai dalam beberapa perangkat elektronika. 

Resistor berukuran 10 Kilo Ohm dan 3K3 Ohm serta Transistor 2N5551. 

Segera saya persiapkan komponen-komponen baru, Sucker Pump (penyedot timah), tenol dan mulai memanaskan solder.



Setelah berhasil saya lepas dan pasang lagi dengan komponen yang baru, maka oven bisa berjalan normal seperti sedia kala.

Sekian catatan ini.
Catatan ini saya khususkan bagi diri saya sendiri dan apabila ada orang yang mengalami masalah seperti yang saya alami, semoga dapat segera teratasi.

Untuk lebih jelasnya, silahkan tonton video dibawah ini.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Back To Top